4.04.2010

lihat kebunku, penuh dengan bunga: Steve Vai's JEM 77FP

coba nulis pake bahasa prokem ya, soale setelah dibaca baca, grammar gw makin ancur :P

hasil liat2 gitar di situs ibanez, ternyata om steve vai ngeluarin jem flower pattern baru. penasaran ma fitur2nya yg baru, gw ubek2 isi nya. sekilas mungkin cuma finishingnya aja yg baru, tp setelah baca2 lagi banyak juga bedanya ya..
finishing ini termasuk pattern/corak JEM series yg fenomenal, flower pattern, gw inget dulu lilo kla project pake ni gitar yg gw pikir tadinya cuma gitar tiruan hasil kang air brush andalan kota gudeg jogjakarta. ternyata setelah ditilik dari deket, emang finishingnya model vintage gitu, agak2 memudar warnanya. tp gw rasa juga kang airbrush lokal waktu itu punya kemampuan juga memainkan triknya bwt mata gw.

debut flower pattern ini dimulai thn 1988, setahun setelah vai kerjasama ma ibanez bikin JEM- gitar signature series. berbentuk sama kayak jem 77 yg lain. praktis perbedaan gitar dgn nama seri JEM 77FP ini cuma pada finishingnya aja. tp justru itu yg bikin catchy krna gw langsung ngeh walopun dari jauh.
  • jalan mana aja (anyway :P), ini FP pertama; 1988 - moyangnya FP
spesifikasi sederhananya; body nya dibuat dari american basswood yg gw tau itu kayu berat, gw punya schecter dgn bahan yg sama berbobot kira2 5,5 kilo. tp sebanding sama suara yg dikeluarin, ajibb !! ttg necknya masih 1 pieces, artinya keseluruhan kayu pada necknya dibuat dari satu kayu yg solid tanpa ada tambahan lagi. itu necknya ya, fretboardnya beda lagi, fretboard nya pake rosewood. pickup set dengan formasi H-S-H ciri khas JEM dengan penyerang DiMarzio PAF PRO-N, gelandang DiMarzio JEM dan pemain bek DiMarzio PAF PRO-B. dan terakhir tremolo gitar ini masih pake EDGE trem, tremolo buatan ibanez. pada jamannya paling oke, tp terkenal trem yg gampang out of tune. ibanez gw pake trem ini soale :D
  • generasi berikutnya; 1991
tahun 1991 JEM ngeluarin 2 FP, FP normal dan Blue FP. nah ini gitar yg pernah gw coba, punya temen gw si :D JEM77FP '91 punya corak yg sedikit berbeda pada patternnya, klo gw bilang si, bunganya agak seger-an :D perbedaan yg lainnya sama FP sebelumnya cuma di sistem trem, yg ini udah pake lo-pro edge. kemaren liat2 di FJB masih ada yg jual, di bandrol 11 juta, serem...
  • si anak tiri: 1991 BFP
bernama seri JEM77-BFP atau blue flower pattern, gitar ini termasuk langka. ga tau krna gw ga pernah liat om vai main gitar ini apa krna diproduksi sedikit. punya pattern yg agak beda, lebih adem, dan neck dengan citarasa yg beda juga; maple
  • lanjoot; 1992
sama kayak '1991, tahun ini ibanez ngeluarin FP normal dan BFP. tapi, ga ada bedanya klo dari spek sama yg tahun 1991. lha trus knpa dikeluarin ni gitar ?? yang beda harganya kali yak?
  • anak tiri 1992; BFP
sama juga, ga ada bedanya sama 1991, si om lagi males kali, atau ibanez nya yg males :P
  • lanjooottt, next; 2003 - re-issue
berjeda 11 tahun, lama bener. klo gw si liatnya ini reissue dari 1988, tapi dengan warna yg lebih cerah. tapi dari speknya, seri 2003 ini udah pake 3 pieces neck, jadi kayak sambungan2 gitu necknya. dari referensi si ga ada ngaruhnya ke suara ataupun playability, tp dari logika gw 1 potong kayu neck lebih boros karena bakal banyak yg kebuang, soalnye head dari ibanez ini punya sudut sambung -dengan neck- sekitar 14 derajat (scarf angle). lha klo 3 potong kan tinggal sambung2 aja, jadi ga ada yg kebuang. perbedaan yglainnya lagi2 di trem, seri ini udah pake edge pro- diklaim seri yg sempurna buat si om steve vai.
  • dan yg paling baru; 2010 - japan flavour
briliant !! desain yg bener2 fresh. lebih berasa jepangnya, tp agak minimalis, ajib lah. speknya juga nambah dikit, mulai dari neck yang sekali lagi karena tipisnya persediaan kayu kayaknya, jadi 5 pieces. trem nya si klo dari web nya edge bridge, tau dah sama apa ga ma edge pro. tp perbedaan yg paling jelas dari pickup nya. masih berformasi H-S-H, tp kali ini gelandang serangnya juga ikutan DiMarzio evolution, tp versi single, dan pemain bek DiMarzio Evo 2.

okeh, itu tadi liat2 kebunku penuh dengan bunga, next kita bahas lagi JEM yg laen..

damn, i still get ugly gramar in bahasa...

No comments:

Post a Comment